Mengembalikan website yang di deface / hack

Hai Sobat, Pasti pusing dengan kelakuan defacer yang mengganti halam depan website kita. Sebagai admin pasti terkejut ketika website mereka terkena Hack/Deface. Bagaimana tidak, kita sebagai admin sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mempercantik tampilan website kita dengan sepenuh jiwa, hati dan pikiran, tiba-tiba terkena Deface/Hack.

Sebenarnya Defacer /Hacker itu tidak akan merugikan kita loh jika mereka tidak mengambil data-data kita yang ada di Website, atau hanya mengubah tampilan saja. karena demkian kita bisa mengetahui bahwa website kita sangat lemah.

Kita bisa menghindari website kita agar tidak terkena Deface/Hack, jika kita berhati-hati dalam memilih baik itu CMS, Plugin ataupun template yang digunakan, pastikan anda memilih dengan benar, karena Defacer/Hacker dapat masuk ke sistem anda dengan memanfaatkan bug atau kelemahan yang ada di website anda. 



ini dia langkah-langkah memperbaikinya :

Pertama : Masuk ke Control Panel(Cpanel) anda, masuk ke public_html


Kedua : Cari file index.php
ketiga : Buka file index.php tersebut, jika script didalam index.php tersebut aneh (bisanya terdapat bacan hacked by :D)  maka bisa dipastikan bahwa isi file index.php anda sudah dirubah oleh Defacer/Hacker dengan script mereka
Keempat : Jika memang file index.php anda sudah dirubah, Silahkan anda download kembali cms yang anda gunakan, semisal anda menggunakan wordpress, silahkan anda download kembali CMS wordpress di website wordpress.org/download/.
Kelima : Extract File CMS yang baru anda download tadi


Keenam : Upload kembali file index.php yang baru ke Cpanel anda
Ketujuh :  Selesai Silahkan lihat website anda.

Catatan :
Sebaiknya anda menyimpan juga file index.php di komputer / laptop, jadi ketika di ubah filenya maka anda bisa menguploadnya kembali di website.

SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment
www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com